Tips Memilih Rumah Idaman

Jika selama ini prinsip yang digunakan dalam memilih rumah adalah 4L (lokasi, lokasi, lokasi, dan lokasi), kini ada perspektif lain yang juga harus Anda ketahui.

Anda harus memperhatikan banyak hal sebelum membeli rumah, bukan saja karena harganya yang tidak murah, tetapi juga karena rumah itu akan Anda tempati untuk jangka waktu lama.

 

Lokasi memang jadi pertimbangan utama dalam membeli rumah. Namun sebelum melakukan akad jual-beli, jangan lupa juga beberapa aspek yang lain.

Pihak pengembang menawarkan dua jenis rumah yakni rumah siap huni (ready stock) dan indent (rumah baru dibangun setelah akad jual-beli). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak juga: Tips Paten Beli Rumah Indent

Jika rumah siap huni, biasanya Anda akan lebih tenang. Sebab, wujud asli rumah sudah terlihat sehingga akan lebih memudahkan untuk meyakinkan pihak bank.

Selain itu juga Anda tidak perlu menunggu lama, dan bisa langsung segera ditempatkan. Kendati wujud rumah sudah terlihat, Anda belum bisa memastikan kebenaran material rumah.

Sedangkan kelebihan rumah indent, Anda masih bisa memantau dari tahap pertama hingga akhir. Bahkan dapat meminta tambahan desain rumah.

Namun, kekhawatiran juga membelenggu pada saat menetapkan waktu penyelesaian. Ditakutkan akan menghabiskan waktu lebih lama dari perkiraan.

Nah, dilansir dari lama Rumah.com, dijelaskan formula 4L lain yang bisa menjadi acuan Anda dalam memilih rumah idaman, antara lain legalitas, lokasi, lingkungan, dan logika,

 

Legalitas

Umumnya, masyarakat kini mencari properti (khususnya rumah) yang sudah dengan status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Hal yang perlu diketahui oleh Anda adalah bahwa hak kepemilikan tanah yang bisa dibiayai dengan KPR hanya dua, yaitu hak milik (pembuktian SHM) dan Hak Guna Bangunan (SHGB).

Artinya, pastikan Anda membeli rumah dengan status Hak Milik dan HGB. Kedua status tersebutlah yang akan diterima oleh pihak bank.

Jika Anda membeli rumah dengan bentuk girik, mau tidak mau Anda harus daftarkan menjadi Hak Milik.

 

Lokasi

Cara kedua adalah memilih lokasi. Dalam mempertimbangkan lokasi, Anda harus mempertimbangkan tiga hal untuk melihat lokasi yang strategis seperti cocok peruntukannya, akses mudah, dan prospektif.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencari rumah sama seperti mencari jodoh. Tidak hanya dilihat dari wujud fisik rumahnya saja tetapi juga mengikut sertakan insting atau menggunakan feeling.

Kemudian, jangan pernah ragu untuk mencari informasi dari orang sekitar.

Nanti, akan dijelaskan mengenai lokasi perumahan saat ini dan prospek perumahan mendatang, pertimbangannya dari perkembangan pembangunan infrastruktur seperti fasilitas umum dan tata ruang wilayah.

sumber: https://www.liputan6.com/properti/read/2502654/tips-memilih-rumah-idaman

Kontributor
Admin 4 years ago
Share:
Filter Produk
Cari Properti
Rentang Harga
Urutkan
Berdasarkan Kategori
Jenis Property
Jumlah Kamar